Perubahan Besar di iOS 18: iPhone Mengadopsi Fitur Android dan Menyematkan Teknologi AI

IOS 18

IOS 18 [Foto:Canva]

OtoTekno.id - Di tengah antisipasi peluncuran iOS 18, iPhone dikabarkan akan mengalami transformasi signifikan dengan mengadopsi beberapa fitur yang sebelumnya eksklusif untuk HP Android. Salah satu fitur utama yang diungkap adalah Rich Communication Services (RCS), sebuah standar perpesanan yang dianggap lebih unggul disbanding SMS dan MMS.

Menurut sumber dari GSM Arena pada Selasa (30/1/2024), Apple berencana untuk menyematkan kemampuan RCS pada iPhone pada tahun 2024 ini, membuka akses lintas platform antara iOS 18 dan Android.

RCS, dikenal dengan pesan yang lebih dinamis dan aman, memberikan pengalaman perpesanan yang lebih canggih. Keamanan pesan yang dihasilkan oleh RCS diperkuat dengan end-to-end encryption, sejalan dengan sistem yang telah sukses diterapkan pada WhatsApp.

Fitur Baru iOS 18

1. RCS

IOS 18
IOS 18 Iphone [Foto: Canva]

iOS 18 Adopsi RCS akan menghadirkan pengalaman perpesanan yang lebih canggih dan aman bagi pengguna iPhone. Pesan RCS dapat mencakup berbagai fitur seperti pengiriman file berukuran besar, status pengiriman, dan konfirmasi baca.

2. AI Generative

AI Generative akan dapat digunakan untuk membuat konten kreatif seperti musik, video, dan teks. Fitur ini dapat digunakan untuk membuat daftar putar musik yang dipersonalisasi, menghasilkan video animasi, atau menulis cerita pada iOS 18 kali ini.

3. Integrasi AI di Siri

Integrasi AI di Siri akan membuat asisten virtual ini lebih pintar dan intuitif. Siri akan dapat memahami pertanyaan yang lebih kompleks dan memberikan respons yang lebih relevan.

Apple diperkirakan akan mengumumkan iOS 18 secara resmi pada acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 pada bulan Juni mendatang. Peluncuran iOS 18 diperkirakan akan dilakukan pada bulan September 2024, bersamaan dengan peluncuran seri iPhone 16.

4. AI di Shortcut

Shortcuts adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan menjalankan perintah otomatis. AI adalah kemampuan untuk mempelajari dan memahami informasi dari dunia nyata. Apple menggunakan AI untuk Shortcuts untuk memungkinkan pengguna membuat Shortcuts yang lebih kompleks dan powerful.

Misalnya, AI dapat membantu pengguna membuat Shortcuts yang dapat mengakses informasi dari berbagai sumber, seperti lokasi, cuaca, atau media sosial. AI juga dapat membantu pengguna membuat Shortcuts yang dapat berinteraksi dengan aplikasi pihak ketiga.

5. AI di Xcode

Xcode adalah IDE (Integrated Development Environment) yang digunakan oleh pengembang untuk membuat aplikasi iOS 18, iPadOS, macOS, dan watchOS. AI adalah kemampuan untuk mempelajari dan memahami informasi dari dunia nyata. Apple menggunakan AI untuk Xcode untuk membantu pengembang menulis kode yang lebih cepat dan efisien.

Misalnya, AI dapat membantu pengembang menemukan bug, menyelesaikan masalah, atau mengoptimalkan kode. AI juga dapat membantu pengembang membuat kode yang lebih aman dan dapat digunakan Kembali.

6. AI di Pages, Keynote, dan Numbers

IOS 18
IOS 18 Iphone [Foto: Canva]

AI adalah kemampuan untuk mempelajari dan memahami informasi dari dunia nyata. Apple menggunakan AI untuk Pages, Keynote, dan Numbers untuk membantu pengguna membuat dokumen, presentasi, dan spreadsheet yang lebih profesional dengan lebih mudah.

Misalnya, AI dapat membantu pengguna memilih font yang tepat, mengatur tata letak, atau membuat grafik yang menarik. AI juga dapat membantu pengguna menemukan kesalahan atau ketidakkonsistenan dalam dokumen.

Kemampuan-kemampuan baru yang tengah dijajaki oleh Apple berpotensi untuk mengubah cara pengguna berinteraksi dengan platform-platform Apple. AI Generative dapat membuat daftar putar musik yang lebih personal, AI di Pages, Keynote, dan Numbers dapat membantu pengguna membuat dokumen, presentasi, dan spreadsheet yang lebih profesional, AI di Xcode dapat membantu pengembang menulis kode yang lebih cepat dan efisien, dan AI di Shortcuts dapat memungkinkan pengguna membuat Shortcuts yang lebih kompleks dan powerful.

Baca juga: Apple Buka App Store untuk Layanan Streaming Game, Exynos 2400, Jantung Berapi Samsung Galaxy S24 dan S24+

Kesimpulan

Dengan perubahan yang signifikan ini, pengguna iPhone dan masyarakat umum dapat mengantisipasi pengalaman pengguna yang lebih dinamis dan terdepan, serta integrasi yang lebih erat dengan fitur-fitur yang sebelumnya hanya dikenal pada HP Android. Peluncuran iOS 18 menjadi momen yang dinantikan untuk melihat evolusi selanjutnya dalam ekosistem perangkat mobile Apple.Ototekno.id.

Tag:

Baca Juga

Windows 11 24H2
Windows 11 24H2 Mengharuskan PC Lawas Memiliki Instruksi POPCNT
Ponsel
Mengapa Anda Perlu Segera Ganti Ponsel Anda: 10 Tanda Saatnya Melakukan Upgrade
Pria Reinkarnasi
Temukan Pria Reinkarnasi di Palworld: Menjelajahi Misteri Dunia Isekai
Copilot
Copilot Menjelma Lebih Cerdas, Microsoft Isyaratkan Masa Depan AI di Windows
Whatsapp
Panduan Praktis Melacak Perangkat Hilang dengan WhatsApp
Foamstars
Foamstars: Kuasai Medan Perang dengan Tier List Karakter Terbaik!