Copilot Menjelma Lebih Cerdas, Microsoft Isyaratkan Masa Depan AI di Windows

Copilot

Ilustrasi [Foto: Canva]

OtoTekno.id - Copilot Microsoft memberikan sinyalemen kuat mengenai integrasi AI yang lebih mendalam ke dalam Windows 11. Hal ini ditandai dengan pengujian “pengalaman baru” untuk Copiloot, asisten AI yang kian cerdas, menjelang pembaruan besar Windows yang berfokus pada AI.

Copilot
Ilustrasi [Foto: Canva]

Pengalaman baru Copiloot di Windows menghadirkan animasi ikon di bilah tugas yang muncul saat pengguna menyalin teks atau gambar. Ikon ini akan berubah dan “bernyawa” untuk menunjukkan kesiapan Copilot dalam membantu pengguna. Ketika diarahkan mouse, Copilot akan menampilkan menu tindakan yang dapat dilakukan, seperti meringkas atau menjelaskan teks yang disalin.

Pengujian internal menunjukkan kinerja Copiloot yang memuaskan dalam meringkas teks, meskipun fitur untuk gambar masih dalam tahap pengembangan. Pengguna juga dapat menarik dan melepas gambar ke ikon Copilot untuk mendapatkan informasi mengenai konten gambar dan bahkan bantuan dalam mengeditnya di masa depan.

Microsoft tak hanya meningkatkan Copiloot, tetapi juga mengintegrasikan AI ke dalam aplikasi Notepad. Pengguna dapat memilih teks dan klik kanan untuk “jelaskan dengan Copiloot”, yang akan menghasilkan uraian teks, kode, atau file log.

Copilot
Ilustrasi [Foto: Canva]

Upaya ini merupakan bagian dari strategi Microsoft untuk menjadikan tahun 2024 sebagai “tahun AI PC”. Hal ini diperkuat dengan penambahan tombol Copiloot khusus pada keyboard dan fokus Microsoft pada pengembangan Copiloot sebagai merek AI utama mereka.

“Hal unik dari Copiloot di dalam Windows adalah ia dapat menyadari konteks di mana Anda berada,” kata Yusuf Mehdi, wakil presiden eksekutif dan kepala pemasaran konsumen di Microsoft. “Ia dapat memahami halaman-halamannya, sehingga dapat melakukan lebih banyak hal.”

Microsoft mulai menunjukkan kemampuan Copiloot yang lebih sadar konteks dalam uji coba terbaru Windows 11 dan bersiap untuk memanfaatkan perangkat keras NPU (Neural Processing Unit) pada laptop Windows terbaru.

Meskipun Windows 12 dirumorkan sebagai tonggak besar AI bagi Microsoft, tampaknya pembaruan Windows 11 akhir tahun ini, yang dijuluki “24H2”, akan menjadi fokus utama. Kita dapat menantikan informasi lebih lanjut mengenai rencana AI Microsoft di Windows dalam beberapa bulan mendatang, seiring dengan perombakan Windows untuk “tahun AI PC”.

Integrasi Copilot AI Microsoft di Windows 11

Copilot
Ilustrasi [Foto: Canva]

1. Perkembangan Copilot

  • Animasi ikon Copiloot di bilah tugas menunjukkan kesiapan asisten AI ini dalam membantu pengguna.
  • Fitur baru memungkinkan pengguna untuk meringkas teks yang disalin, dan fitur untuk gambar sedang dalam pengembangan.
  • Pengguna dapat menarik dan melepas gambar ke ikon Copiloot untuk mendapatkan informasi dan bantuan dalam mengeditnya di masa depan.

2. Integrasi AI di Notepad

  • Pengguna dapat memilih teks dan klik kanan untuk “jelaskan dengan Coopilot” untuk mendapatkan uraian teks, kode, atau file log.

3. Strategi Microsoft

  • Microsoft ingin menjadikan tahun 2024 sebagai “tahun AI PC”.
  • Tombol Coopilot khusus pada keyboard menunjukkan fokus Microsoft pada pengembangan Copilot sebagai merek AI utama mereka.

4. Kemampuan Copilot

  • Copilot mampu memahami konteks di mana pengguna berada dan menyesuaikan bantuannya accordingly.
  • Microsoft mulai menunjukkan kemampuan Copilot yang lebih sadar konteks dalam uji coba terbaru Windows 11.

5. Perangkat Keras NPU

  • Microsoft bersiap untuk memanfaatkan perangkat keras NPU (Neural Processing Unit) pada laptop Windows terbaru untuk meningkatkan kinerja AI di Windows.

6. Pembaruan Windows

  • Pembaruan Windows 11 "24H2" akhir tahun ini akan menjadi fokus utama Microsoft untuk "tahun AI PC".
  • Informasi lebih lanjut mengenai rencana AI Microsoft di Windows akan dibagikan dalam beberapa bulan mendatang.
Copilot
Ilustrasi [Foto: Canva]

Microsoft telah menambahkan tombol Copilot khusus pada keyboard Surface terbaru. Microsoft berkolaborasi dengan Intel dan Qualcomm untuk mengoptimalkan Windows 11 untuk perangkat keras AI terbaru. Microsoft Research sedang mengembangkan teknologi AI baru untuk Windows, seperti Project InnerEye yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol PC dengan mata mereka.

Baca juga: Yamaha Lexi LX 155 Meluncur dengan Mesin Baru, Gesekan Minim dan Akselerasi Lebih Baik!

Kesimpulan

Microsoft menunjukkan komitmennya untuk mengintegrasikan AI di Windows 11 dengan meningkatkan Copilot dan menambahkan fitur AI baru ke aplikasi bawaan. Pembaruan Windows 11 "24H2" akhir tahun ini akan menjadi tonggak penting dalam perjalanan Microsoft untuk menjadikan tahun 2024 sebagai “tahun AI PC”.

Tag:

Baca Juga

Windows 11 24H2
Windows 11 24H2 Mengharuskan PC Lawas Memiliki Instruksi POPCNT
Ponsel
Mengapa Anda Perlu Segera Ganti Ponsel Anda: 10 Tanda Saatnya Melakukan Upgrade
Pria Reinkarnasi
Temukan Pria Reinkarnasi di Palworld: Menjelajahi Misteri Dunia Isekai
Whatsapp
Panduan Praktis Melacak Perangkat Hilang dengan WhatsApp
Foamstars
Foamstars: Kuasai Medan Perang dengan Tier List Karakter Terbaik!
VGA
Harga VGA Turun Signifikan pada Februari 2024: Penawaran Terbaru untuk Penggemar Gaming dan Profesional