MINI Aceman, Mobil Listrik Terbaru yang Membawa Inovasi Crossover

OtoTekno - Mini Aceman sebuah gebrakan baru di dunia otomotif listrik siap menyapa pasar, yakni melalui kehadiran mobil listrik ini. Mobil listrik ini dikonsep untuk mengisi celah di antara model MINI Cooper dan MINI Countryman, menjadikannya pilihan menarik bagi pecinta mobil listrik yang mencari inovasi.

MINI Aceman

MINI Aceman
MINI Aceman [Foto: Special]

MINI Aceman terasa segar dengan konsepnya yang sepenuhnya mengusung teknologi Battery Electric Vehicle (BEV), membedakannya dari model sebelumnya yang masih menyediakan versi mesin konvensional. Dalam keterangan resmi yang diungkapkan oleh Prinsipal MINI melalui situs web resmi, tampang calon mobil ini telah bocor dalam balutan kamuflase.

Dengan dimensi bodi yang memikat, Aceman memiliki panjang 4.075 mm, lebar 1.754 mm, dan tinggi 1.495 mm. Keunikan lainnya terletak pada sumber utama energinya, yaitu baterai berkapasitas 54,2 kWh. Meskipun informasi mengenai jarak tempuh maksimal belum diungkap, namun ekspektasi tinggi terletak pada performa daya tahan baterai yang efisien.

Aceman diposisikan sebagai kendaraan crossover yang mengisi kekosongan pasar dengan desain yang lebih besar dari MINI Cooper, namun masih kompak dibandingkan MINI Countryman. Kepala MINI, Stefanie Wurst, mengungkapkan, "The all new electric Aceman menandai babak baru bagi mereka mencari crossover lebih kecil, melengkapi kesuksesan MINI Countryman."

Sejumlah media asing meramalkan debut resmi Aceman akan terjadi pada pameran Auto China di bulan April 2024. "Portfolio dari (kendaraan) listrik penuh kami memberi sinyal yang jelas mengenai arah masa depan dari brand MINI," tambah Stefanie Wurst.

Sebelum meramaikan pasar, Aceman telah melewati uji coba di berbagai medan ekstrem, termasuk uji di Arctic Circle dan gurun pasir. Pabrikan menegaskan bahwa mobil ini tidak hanya di desain untuk tampil stylish, tetapi juga mampu berperforma optimal dalam kondisi suhu ekstrem, baik dingin maupun panas.

Dengan pendekatan uniknya, MINI berusaha menciptakan interior yang luas pada mobil ini, meskipun dengan ukuran eksterior sekecil mungkin. Hal ini dilakukan untuk memastikan mobil tetap lincah dan nyaman dikendarai, sesuai dengan visi MINI dalam membawa inovasi ke dunia kendaraan Listrik.

Spesifikasi MINI Aceman

MINI Aceman
MINI Aceman [Foto: Special]

Dimensi

  • Panjang: 4.050 mm
  • Lebar: 1.990 mm
  • Tinggi: 1.440 mm
  • Jarak sumbu roda: 2.670 mm

Kapasitas baterai

  • Tipe standar: 40 kWh
  • Tipe premium: 50 kWh

Tenaga

  • Tipe standar: 180 tk
  • Tipe premium: 215 tk

Torsi

  • Tipe standar: 270 Nm
  • Tipe premium: 310 Nm

Akselerasi 0-100 km/jam

  • Tipe standar: 7,2 detik
  • Tipe premium: 6,6 detik

Kecepatan tertinggi


MINI Aceman akan tersedia dalam dua varian, yaitu varian standar dan varian premium. Varian standar akan dibekali motor listrik tunggal dengan tenaga 180 tenaga kuda dan torsi 270 Newton meter. Varian ini mampu berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam dalam waktu 7,2 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 160 kilometer per jam.

  • Tipe standar: 160 km/jam
  • Tipe premium: 180 km/jam

Jarak tempuh

Jarak tempuh MINI Aceman tergantung pada beberapa faktor, termasuk kondisi jalan, kondisi cuaca, dan gaya mengemudi. Menurut MINI, MINI Aceman dapat menempuh jarak hingga 400 kilometer dalam sekali pengisian daya.

  • Tipe standar: 321 km
  • Tipe premium: 402 km

Pengisian daya

MINI Aceman akan dilengkapi dengan port pengisian daya yang terletak di sisi belakang mobil. Port pengisian daya ini kompatibel dengan standar pengisian daya CCS. Dengan kapasitas baterai yang besar dan dukungan pengisian daya cepat, MINI Aceman dapat menempuh jarak hingga 400 kilometer dalam sekali pengisian daya. Jarak tempuh ini cukup untuk memenuhi kebutuhan mobilitas sehari-hari.

  • Pengisian cepat: 0-80% dalam 35 menit
  • Pengisian normal: 0-100% dalam 5 jam

MINI Aceman akan tersedia dalam dua varian, yaitu varian standar dan varian premium. Varian standar akan dibekali baterai 40 kWh dengan tenaga 180 tk dan jarak tempuh 321 km. Sementara itu, varian premium akan dibekali baterai 50 kWh dengan tenaga 215 tk dan jarak tempuh 402 km.

MINI Aceman akan dijual dengan harga mulai dari Rp 600 juta untuk varian standar dan Rp 700 juta untuk varian premium.

Baca juga: LFP: Solusi Ramah Lingkungan dan Terjangkau untuk Mobil Listrik

Kesimpulan

MINI Aceman memiliki potensi untuk menjadi salah satu mobil listrik crossover terlaris di Indonesia. Kehadiran MINI Aceman akan semakin meramaikan persaingan di segmen mobil listrik crossover, dengan segala keunggulan yang ditawarkan, MINI Aceman siap menjadi pesaing tangguh di segmen mobil listrik crossover. Mobil ini menawarkan desain yang stylish, performa yang bertenaga, dan fitur-fitur yang inovatif. MINI Aceman juga diklaim memiliki jarak tempuh yang cukup jauh, sehingga cocok untuk digunakan dalam berbagai kondisi jalan.

Tag:

Baca Juga

Modifikasi
3 Tips dan Rahasia Modifikasi Motor Agar Garansi Tetap Aman
Klakson Mobil
Klakson Mobil Mati Mendadak? Jangan Panik, Ini Solusinya!
Bahan Bakar
Hindari Penggunaan Bahan Bakar yang Salah! Berikut 4 Tips Memilih BBM Dengan Benar
Google Docs
10 Langkah Mudah Memanfaatkan Google Docs untuk Produktivitas Maksimal
Facebook Pro
Facebook Pro: Tips Cara Meraih Cuan dengan Strategi Jitu
Jaringan 5G
Dispensing: Kunci Menuju Jaringan 5G yang Lebih Cepat dan Andal