Smartphone Panas Berlebihan Saat Main Gim, Ini Tipsnya

Ototekno.id - Tips agar smartphone tidak mudah panas, apalagi saat main vidoe gim. Jika smartphone terlalu panas, sesaat bisa meledak

Ilustrasi Smartphone Panas (Pixabay)

Smartphone panas? Tips agar smartphone tidak mudah panas, apalagi saat main video gim

Ototekno.id - Siapa yang tidak khawatir saat smartphone kesayangannya mudah panas saat dijalankan. Apalagi disaat bermain gim, videocall, atau menjalankan aplikasi yang cukup berat.

Kondisi yang mudah panas memang cukup mengganggu aktivitas saat menggunakan gawai pintar itu. Apalagi saat pandemi Covid-19 ini yang membuat penggunanya betah berlama-lama memainkannya.

Namun jangan khawatir, Ototekno.id telah merangkum sejumlah tips agar smartphone Anda tidak mudah panas saat dijalankan. Berikut tips yang dikutip dari Techavator:

Kosongkan RAM Jika Smartphone Panas

Jika Anda suka bermain video gim, alangkah baiknya menutup semua aplikasi yang sedang berjalan sebelum membuka gim. Hal ini dapat meminimalisir panas akibat kinerja RAM yang terbagi kebanyak aplikasi. Smartphone panas.

Ponsel pintar Anda akan menggunakan daya pemrosesan yang sedikit jika Anda hanya menjalankan satu aplikasi dalam satu waktu. Semakin sedikit daya pemrosesan yang dijalankan ponsel Anda, semakin rendah suhu ponsel Anda.

Kecerahan Layar Rendah

Mempertahankan tingkat kecerahan yang tinggi akan meningkatkan suhu Smartphone Anda. Jika Anda menjalankannya di dalam ruangan, Anda cukup mengatur kecerahannya serendah mungkin agar smartphone tidak panas. Smartphone panas

Setiaknya Anda tidak menggunakan kecerahan melebihi 50 persen. Agar lebih maksimal, Anda juga dapat mematikan kecerahan adaptif atau otomatis karena menggunakan sensor jarak.

Hal tersebut juga berpotensi menghabiskan lebih banyak baterai sehingga meningkatkan suhu perangkat Anda. Selain menjaga suhu agar tetap normal, menggunakan tingkat kecahayaan yang rendah juga membuat baterai menjadi awet.

Hindari Sinar Matahari Langsung

Paparan sinar matahari langsung mungkin baik untuk kesehatan Anda, tetapi tidak pernah baik untuk ponsel pintar Anda. Sinar matahari adalah sumber panas eksternal baginya.

Berpadu dengan panas internal, panas ekstra akan mempengaruhi komponen internal perangkat Anda, yang pada gilirannya memengaruhi kinerja yang berujung menimbulkan panas pada smartphone.

Ingat, pada kondisi itu Anda juga harus meningkatkan kecerahan saat bermain di luar ruangan, yang juga menyebabkan smartphone panas berlebihan.

Jangan Gunakan Aplikasi Pendingin

Hindari semua aplikasi yang mengklaim dapat mendinginkan smartphone Anda. Masuk akal jika menginstal aplikasi tambahan dan menjalankannya menghabiskan sebagian besar sumber daya ponsel cerdas Anda. 

Faktanya, perangkat Anda lebih cenderung memanas jika Anda memiliki aplikasi tambahan yang berjalan bersama aplikasi Anda yang lain, apalagi saat bermain gim. Smartphone panas.

Aplikasi tersebut sebenarnya tidak berfungi untuk mendinginkan smartphone, malah membuat smartphone jadi panas. Beberapa aplikasi bahkan digunakan untuk mencuri data pribadi Anda. 

Selain itu, sebagian besar aplikasi ini bekerja dengan menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang smartphone. Tentu ini akan mempengaruhi pengalaman Anda saat mejalankan smartphone.

Matikan Semua Sensor

Sensor ponsel pintar biasanya berjalan di latar belakang bahkan saat tidak digunakan. Matikan semua sensor itu jika Anda akan menjalani aplikasi yang cukup berat, salah satunya video gim. Smartphone panas

Misalnya, jika Anda bermain gim dan menggunakan koneksi WiFi, matikan koneksi data seluler Anda. Jika Anda berniat menggunakan data seluler, matikan WiFi Anda. 

Pastikan juga Anda mematikan layanan lokasi dan Bluetooth jika Anda tidak menggunakan headset nirkabel untuk suara. Semua sensor ini selalu berjalan di latar belakang jika dibiarkan berpotensi membuat Smartphone panas.

Lepaskan Casing

Casing biasanya menahan hawa panas smartphone sehingga tidak keluar dan menimbulkan panas berlebihan. Jika Anda sedang menjalankan aplikasi yang berat, alangkah baiknya lepaskan casing tersebut.

Anda dapat memasang casing itu kembali jika telah selesai menjalankan smartphonenya. Jika tidak bisa, pilihlah casing dengan ventilasi yang cukup baik agar smartphone tidak panas apalagi saat main gim.

Gunakan Pendingin Eksternal

Layaknya sebuah laptop, smartphone yang panas saat dijalankan juga dapat didinginkan dengan menggunakan pendingin eksternal seperti kipas kecil, atau bahkan Anda bermain tepat di samping kipas angin.

Istirahat

Jangan mainkan gawai pintar Anda secara berlebihan. Istirahatlah sejenak jika memang telah cukup lama menjalankannya agar suhu smartphone itu kembali normal. [fuu]

Baca Juga

Modifikasi
3 Tips dan Rahasia Modifikasi Motor Agar Garansi Tetap Aman
Klakson Mobil
Klakson Mobil Mati Mendadak? Jangan Panik, Ini Solusinya!
Bahan Bakar
Hindari Penggunaan Bahan Bakar yang Salah! Berikut 4 Tips Memilih BBM Dengan Benar
Google Docs
10 Langkah Mudah Memanfaatkan Google Docs untuk Produktivitas Maksimal
Facebook Pro
Facebook Pro: Tips Cara Meraih Cuan dengan Strategi Jitu
Google Pixel
Solusi Efektif untuk Masalah Face Unlock Google Pixel 8 dan 8 Pro