Perhatikan Hal Ini Agar Tombol Starter Motor Tidak Rusak

Ototekno.id - 4 tips agar starter elektrik motor kesayangan tidak rusak. Tips ini penting agar tidak repot menggenjot tuas starter injak

Ilustrasi Tombol Starter (Dok. Astramotor)

4 tips agar starter elektrik motor kesayangan tidak rusak. Tips ini penting agar tidak repot menggenjot tuas starter injak

Ototekno.id - Tombol starter pada sepeda motor atau electric starter mempermudah penggunanya untuk menghidupkan kendaraan tersebut. Namun, apa jadinya jika tombol tersebut mengalami kerusakan?

Para pengguna motor terpakas harus menggunakan starter injak jika tombol itu rusak. Cara tersebut sedikit menguras tenaga dan waktu jika kendaraan agak sulit hidup. Sebab, harus menggenjot tuas Starter Motor nya menggunakan kaki.

Hal ini jauh berbeda dengan menggunakan tombol yang biasa diletakkan pada setir bagian kiri itu. Tinggal tekan, motonya akan hidup. Namun siapa sangka, ada banyak penyebab yang membuat tombol tersebut menjadi rusak.

Apalagi tombol itu telah digunakan cukup lama, bahkan tanpa perawatan. Agar tombol starter motor kesayangan Anda tidak rusak, Ototekno.id menyajikan tips bagaimana perawatan tombol starter motor dengan baik:

Rutin Bersihkan Tombol Starter

Dilansir dari Astramotor, membersihkan bagian-bagian motor secara rutin memiliki segudang manfaat yang dapat membantu Anda mengatasi berbagai masalah pada motor. Salah satunya agar starter motor tidak rusak.

Cara membersihkan tombol starter tersebut tidaklah sulit. Anda tinggal melepas soket yang biasanya berwarna merah yang mengarah pada tombol itu. Jika telah terbuka, Anda bisa menyemprotkan cairan penetran untuk membersihkannya.

Kalau ditemukan kerak yang menempel, Anda bisa mengelapnya menggunakan kain atau benda yang sejenis. Jika ingin membersihkan konektornya, Anda dapat membuka dudukan tombol starter dengan menggunakan obeng plus.

Cek Switch Tuas Rem

Bagi kamu pengguna motor matik, perlu menarik tuas rem untuk dapat menggunakan tombol starter motor tersebut. Hal ini disebabkan adanya switch atau saklar pada tuas rem tersebut. 

Nah, jika mesin tidak mau menyala saat menggunakan tombol starter, cobalah untuk mengecek kondisi saklar tersebut dengan cara menjumpernya dengan menggunakan kabel.

Setelah di jumper sembari menekan tombol starter tetapi motor tetap tidak berputar, maka bisa diindikasikan jika saklar pada tuas rem tersebut sudah rusak. Maka, anda cukup mengganti saklar pada rem tersebut.

Kombinasikan dengan Kick Starter

Memanfaatkan starter injak bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk merawat tombol starter motor Anda. Hal ini bisa Anda lakukan di pagi hari saat akan memanasi mesin motor.

Memanfaatkan starter injak bertujuan untuk mengurangi intensitas penggunaan electric starter agar dinamo starter tidak turun kualitasnya akibat terus dipacu untuk bekerja.

Servis Motor Secara Berkala

Selain hal-hal di atas, tips merawat tombol starter yang terakhir yaitu dengan melakukan servis secara rutin. Karena saat menyerservis motor maka mekanik servis akan memeriksa seluruh bagian motor termasuk pada kelistrikan.

Jika saat servis mekaniknya menemukan kendala atau kerusakan pada komponen itu, dapat segera teratasi dan diganti dengan yang baru. Sehingga Anda tidak perlu menginjak kick starter untuk menghidupkan motor. [fuu]

Baca Juga

Modifikasi
3 Tips dan Rahasia Modifikasi Motor Agar Garansi Tetap Aman
Klakson Mobil
Klakson Mobil Mati Mendadak? Jangan Panik, Ini Solusinya!
Bahan Bakar
Hindari Penggunaan Bahan Bakar yang Salah! Berikut 4 Tips Memilih BBM Dengan Benar
Google Docs
10 Langkah Mudah Memanfaatkan Google Docs untuk Produktivitas Maksimal
Facebook Pro
Facebook Pro: Tips Cara Meraih Cuan dengan Strategi Jitu
Google Pixel
Solusi Efektif untuk Masalah Face Unlock Google Pixel 8 dan 8 Pro