Pengertian Virtual Private Server (VPS)

Pengertian Virtual Private Server (VPS)

Sumber : rackh.com

Virtual Private Server (VPS) adalah hosting yang hampir meniru lingkungan server khusus dalam server bersama. Vps hosting telah menjadi pilihan populer karena umumnya lebih rendah biayanya daripada dedicated hosting tetapi memberikan keandalan, keamanan, dan kinerja yang lebih baik daripada shared hosting. Selain itu, pengguna mendapatkan akses root ke server, memberi mereka kebebasan untuk menginstal aplikasi dan membuat perubahan lingkungan tanpa harus melalui penyedia hosting, seperti yang mereka lakukan dengan shared hosting.

VPS sering menjadi pilihan yang bagus untuk penyedia SaaS, pembuat game, programmer, perusahaan yang telah melampaui hosting bersama mereka, dan perusahaan mana pun yang membutuhkan lingkungan cadangan yang aman dan terjangkau. Tetapi mengetahui apa vps menurut definisi dan apakah itu tepat untuk Anda adalah dua hal yang berbeda. Dalam panduan ini, kami akan memberi Anda informasi yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan hosting VPS menjadi mudah.

VPS, atau server pribadi virtual ?

Sistem operasi virtual yang berada di dalam server induk dan menggunakan teknologi virtualisasi untuk menyediakan sumber daya khusus (pribadi) ke server virtual lainnya. Lingkungan hosting VPS khusus yang ditiru dibuat pada host (komputer atau perangkat lain yang terhubung ke komputer atau perangkat lain melalui jaringan), server (disebut "server induk"), atau sekelompok server. VPS menduplikasi banyak properti server fisik, dengan proses dan fungsi serupa. Meskipun bertindak seperti server fisik, pada kenyataannya itu adalah bagian dari perangkat lunak yang meniru perangkat keras khusus.

Jenis hosting di mana beberapa perusahaan menggunakan instans terisolasi pada host atau server induk yang sama. Jenis hosting VPS yang paling umum ini memungkinkan Anda untuk:

Akses lingkungan VPS Anda dari mana saja.
Telah mengalokasikan bandwidth dan penyimpanan untuk setiap contoh sehingga kinerja Anda tidak terpengaruh oleh perusahaan lain di server seperti halnya dengan shared hosting.
Dapatkan lebih banyak bandwidth dan penyimpanan daripada perusahaan hosting yang terbatas pada jumlah instans yang dapat mereka buat di setiap server induk.

Apa itu Hosting Induk VPS Pribadi?
Hosting Parent VPS pribadi adalah jenis hosting yang memberi Anda manfaat virtualisasi tanpa berbagi server induk dengan perusahaan lain. Solusi virtual yang kuat, fleksibel, dan terisolasi ini memungkinkan Anda untuk:

Memiliki kontrol tunggal atas server induk built-to-order dan sumber dayanya. Itu berarti Anda dapat menambahkan sebanyak mungkin lingkungan VPS karena server memungkinkan dan mengendalikan semuanya sesuai keinginan Anda.
Tidak dikenakan biaya untuk lingkungan individu melainkan untuk server induk secara keseluruhan. Anda dapat menambahkan server induk jika kebutuhan Anda tumbuh.
Dengan mudah mengocok instans Anda di antara server induk VPS pribadi atau ke salah satu server induk VPS cloud publik kami.

Bagaimana Cara Kerja VPS Hosting?
VPS hosting menggunakan server induk untuk meng-host beberapa server virtual yang terpisah satu sama lain. Menggunakan perangkat lunak yang disebut hypervisor, perusahaan hosting menerapkan lapisan virtual di atas sistem operasi (OS) untuk mengelompokkan server virtual. Pemisahan antara dinding virtual memungkinkan setiap pengguna untuk menginstal OS dan perangkat lunak mereka sendiri, menciptakan server yang benar-benar pribadi, terpisah dari yang lain di tingkat OS.

Untuk Apa VPS Digunakan?
VPS biasanya digunakan untuk beban kerja yang lebih kecil yang membutuhkan kinerja yang konsisten. Bisnis dapat menggunakan VPS untuk:

  • Hosting 1-10 situs web
  • Menyimpan file perusahaan dan pelanggan dengan cara yang dapat diakses di mana saja di dunia
  • Server web hosting
  • Email hosting
  • Database
  • Hosting cPanel atau Plesk
  • Membangun dan memberikan layanan berbasis cloud untuk pelanggan
  • Memberikan workstation virtual kepada karyawan jarak jauh
  • Dan banyak hal lainnya
  • Untuk sebagian besar, Anda dapat menggunakan VPS untuk apa pun yang Anda gunakan server khusus
  • untuk; Namun, perlu diingat Anda akan mendapatkan lebih sedikit penyimpanan dan bandwidth secara
  • keseluruhan. Jika Anda tidak memerlukan seluruh dedicated server, VPS adalah pilihan yang lebih
  • terjangkau karena Anda hanya akan membayar untuk apa yang Anda butuhkan.

Baca Juga

Jaringan 5G
Dispensing: Kunci Menuju Jaringan 5G yang Lebih Cepat dan Andal
OBB
7 Langkah Rahasia Akses Folder /Android/data & /Android/obb Tanpa Memerlukan Akses Root pada Ponsel Anda
Ponsel
Mengapa Anda Perlu Segera Ganti Ponsel Anda: 10 Tanda Saatnya Melakukan Upgrade
Pria Reinkarnasi
Temukan Pria Reinkarnasi di Palworld: Menjelajahi Misteri Dunia Isekai
Stellar Blade
Kontroversi Terbaru: Pandangan Dalam Desain Stellar Blade yang Mencetuskan Perdebatan
Foamstars
Foamstars: Kuasai Medan Perang dengan Tier List Karakter Terbaik!