Motor Jatuh Saat Gunakan Standar Samping, Intip Tipsnya

Ototekno.id - Tips menggunakan standar samping dan tengah yang baik saat memarkirkan motor agar motor tidak jatuh saat parkir dimana saja

Ilustrasi Standar (Dok. Astramotor)

Ototekno.id - Standar merupakan salah satu komponen terpenting yang ada pada sepeda motor. Komponen ini berguna sebagai penyangga atau penopang kendaraan bermotor itu saat tidak digunakan alias parkir.

Pada sepeda motor sendiri, umumnya komponen ini terbagi dua, yaitu standar samping dan tengah, tapi keduanya tetap memiliki fungsi sama. 

Jika komponen itu tidak ada, maka Anda sebagai pengguna sepeda motor sedikit akan kesulitan mencari penyangga atau bahkan sandaran untuk kendaraan Anda saat parkir.

Tahukah Anda, jika komponen ini digunakan tidak sejalan dengan komponen lainnya Anda tidak akan mendapatkan fungsi yang maksimal, bahkan motor Anda akan jatuh saat parkir. Apalagi penggunaan standar samping.

Yuk intip beberapa tips agar motor anda tidak jatuh saat parkir menggunakan standar samping seperti dilansir dari Astramotor:

Menggunakan Ukuran Shock Breaker yang Cukup Tinggi

Tips yang pertama untuk melepas kekhawatiran Anda dengan standar samping adalah dengan mengganti shock breaker motor Anda dengan ukuran yang lebih tinggi. 

Dengan begitu, standar samping pun lebih tegak dan tidak menyebabkan motor jatuh. Namun, jika terlalu tinggi membuat tegak motor terlalu lurus sehingga dapat jatuh kearah berlawanan.

Menggunakan Ukuran Ban yang Pas

Dengan tujuan yang sama agar motor tetap bisa diparkirkan menggunakan standar samping dengan aman, Anda sebaiknya mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar. 

Hal tersebut menghindari risiko motor terjatuh ketika diparkirkan. Sama halnya dengan Shock Breaker, jika bannya terlalu tinggi, motor dapat jatuh kearah berlawanan.

Pasang Kickstand Shoe

Tips selanjutnya agar motor tidak jatuh adalah, Anda bisa memasang Kickstand Shoe sebagai alas tambahan.  Dengan memasang alas tambahan ini berfungsi untuk mendistribusikan berat motor secara lebih menyebar. 

Dengan cara ini, motor tetap aman meski ditopang standar samping. Penggunaan kickstand shoe membuat tapak standar samping menjadi lebih lebar sekaligus semakin lebih kuat ketika menopang berat motor.

Selain penggunaan standar samping, Ototekno.id juga merangkum tips penggunaan standar tengah, ini dia:

Tidak Menggunakan Ukuran Ban yang Besar

Ternyata ukuran ban yang terlalu besar dapat membuat standar tengah tidak berdiri dengan kokoh, sebab ujung standar yang tidak menyentuh lantai atau tanah dengan baik dan bisa membuat motor Anda jatuh.

Akan tetapi, jika anda lebih nyaman berkendara dengan ukuran yang besar, anda dapat mengganti komponen itu dengan yang lebih panjang sebagai solusinya.

Tidak Menggunakan Shock Breaker yang Terlalu Panjang

Sama halnya dengan ukuran ban yang besar, shock breaker yang terlalu panjang juga membuat tegak motor saat parkir menjadi tidak seimbang. Jika tak dapat mengganti shock breakernya, solusinya tak jauh berbeda, yaitu mengganti komponen itu dengan yang lebih panjang agar motor tidak jatuh.

Parkir Ditempat Datar

Parkirkan kendaraan ditempat yang datar agar motor anda berdiri dengan kokoh saat menggunakan standar tengah tanpa khawatir motor anda akan terjatuh. [fuu]

Baca Juga

Modifikasi
3 Tips dan Rahasia Modifikasi Motor Agar Garansi Tetap Aman
Klakson Mobil
Klakson Mobil Mati Mendadak? Jangan Panik, Ini Solusinya!
Bahan Bakar
Hindari Penggunaan Bahan Bakar yang Salah! Berikut 4 Tips Memilih BBM Dengan Benar
Google Docs
10 Langkah Mudah Memanfaatkan Google Docs untuk Produktivitas Maksimal
Facebook Pro
Facebook Pro: Tips Cara Meraih Cuan dengan Strategi Jitu
Jaringan 5G
Dispensing: Kunci Menuju Jaringan 5G yang Lebih Cepat dan Andal