inilah 7 Fakta Seputar Mesin Diesel: Menjawab Mitos dan Realitas

Mesin Deisel

Ilustrasi [Foto: Canva]

OtoTekno.id - Mesin Diesel sebagai salah satu inovasi dalam teknologi kendaraan, mesin diesel seringkali dikaitkan dengan sejumlah mitos yang dapat mempengaruhi persepsi masyarakat. Artikel ini bertujuan untuk mengklarifikasi beberapa mitos yang beredar dan memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat umum.

Mitos Mesin Diesel

1. Mesin Diesel Tidak Perlu Dipanaskan di Pagi Hari

Mesin Diesel
Ilustrasi [Foto: Canva]

Meskipun terdapat pandangan bahwa mesin mobil diesel tidak perlu dipanaskan, kenyataannya, pemanasan mesin sangat penting. Pembakaran yang efisien memerlukan suhu kerja optimal. Pemanasan bukan hanya untuk pembakaran yang baik, tetapi juga untuk prelubrikasi, memastikan pelumasan yang lebih baik pada seluruh bagian mesin.

2. Biaya Reparasi Mesin Diesel Tidak Selalu Lebih Mahal

Anggapan bahwa biaya perbaikan mesin diesel lebih tinggi tidak selalu benar. Perawatan yang tepat pada mesin mobil diesel dapat mengurangi risiko kerusakan yang mahal. Suku cadang mesin mobil diesel juga cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan mesin bensin. Yang terpenting adalah menjalankan perawatan rutin, termasuk pemeriksaan filter udara, filter oli, dan filter bahan bakar.

3. Fenomena Masuk Angin dan Cara Menghindarinya

Mesin diesel memiliki sistem kerja yang berbeda dengan mesin bensin. Mesin diesel bekerja dengan cara membakar bahan bakar di dalam ruang bakar, sedangkan mesin bensin bekerja dengan cara menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar. Perbedaan cara kerja ini menyebabkan mesin diesel rentan mengalami fenomena masuk angin.

Masuknya udara ke dalam silinder dapat terjadi akibat posisi tangki solar yang tidak sejajar dengan pompa bahan bakar. Solusinya adalah menjaga agar bahan bakar tidak kurang dari seperempat kapasitas tangki. Perkembangan teknologi mesin telah mengurangi insiden masuk angin pada mesin mobil diesel modern.

4. Emisi Diesel vs. Bensin: Sebuah Perbandingan

Mobil Diesel
Ilustrasi [Foto: Canva]

Mitos tentang pencemaran diesel yang lebih parah tidak sepenuhnya benar. Meskipun emisi diesel terlihat mencolok mata karena berwarna hitam, emisi bensin mengandung NOx yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Penting untuk memahami perbedaan karakteristik emisi keduanya.

5. Kerusakan Mesin Mobil Diesel: Bukan Hantu, Melainkan Keteledoran Perawatan

Meskipun kerusakan mesin mobil diesel sering dianggap langka, kenyataannya, kebanyakan kerusakan disebabkan oleh kelalaian dalam perawatan. Pengecekan rutin, terutama pada nozzle penyemprot solar, adalah kunci untuk menjaga performa kendaraan tetap optimal.

6. Perbedaan Perawatan Mesin Mobil Diesel dan Bensin

Mesin Diesel
Ilustrasi [Foto: Canva]

Mesin mobil diesel dan bensin memiliki beberapa perbedaan, termasuk dalam hal perawatan. Secara umum, mesin mobil diesel membutuhkan perawatan yang lebih kompleks dan lebih sering daripada mesin bensin.

Meskipun perawatan mesin diesel dan bensin tidak jauh berbeda, ada perbedaan pada item pengecekannya. Pemilik mobil diesel harus memperhatikan oil filter, air filter, dan pergantian oli secara teratur. Nozzle penyemprot solar juga perlu dicek secara rutin.

Faktor-faktor yang Memengaruhi Perbedaan Perawatan

Perbedaan perawatan mesin mobil diesel dan bensin dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Cara kerja mesin. Mesin diesel bekerja dengan cara membakar bahan bakar di dalam ruang bakar. Hal ini menyebabkan mesin mobil diesel memiliki kompresi yang lebih tinggi daripada mesin bensin.
  • Bahan bakar. Bahan bakar diesel memiliki kandungan sulfur yang lebih tinggi daripada bahan bakar bensin. Sulfur dapat menyebabkan korosi pada komponen-komponen mesin.
  • Emisi gas buang. Mesin mobil diesel menghasilkan lebih banyak emisi gas buang daripada mesin bensin. Emisi gas buang dapat menyebabkan penumpukan kotoran pada komponen-komponen mesin.

7. Tingkat Kebisingan Mesin Diesel: Fakta tentang Knocking

Kebisingan mesin diesel adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh pemilik kendaraan bermotor. Kebisingan ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah knocking.

Kebisingan pada mesin mobil diesel disebabkan oleh faktor knocking akibat kompresi tinggi. Beberapa mesin dilengkapi dengan peredam tambahan untuk mengurangi tingkat kebisingan.

Knocking adalah fenomena yang terjadi ketika campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar tidak terbakar secara sempurna. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya ledakan yang tidak terkendali, sehingga menimbulkan suara yang keras.

Baca juga: Daftar Mobil Irit Bahan Bakar untuk Perjalanan Jauh

Penutup

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang mesin mobil diesel, diharapkan masyarakat dapat membuat keputusan yang lebih informatif dan akurat terkait kendaraan bermesin diesel.Ototekno.id.

Baca Juga

Momen Marc Marquez Sambangi Garasi Ducati, Tim Barunya Untuk MotoGP 2025
Momen Marc Marquez Sambangi Garasi Ducati, Tim Barunya Untuk MotoGP 2025
Hasil Sprint Race MotoGP Barcelona, Bagnaia Podium, Martin Posisi Kedua, Juara Dunia Ditentukan di Balapan Terakhir
Hasil Sprint Race MotoGP Barcelona, Bagnaia Podium, Martin Posisi Kedua, Juara Dunia Ditentukan di Balapan Terakhir
Hasil kualifikasi kedua (Q2) MotoGP Barcelona [Sumber : Motogp.com]
Pecco Raih Pole Position di MotoGP Barcelona, Martin Posisi Empat
Francesco Bagnaia [foto : MotoGP.com]
Hasil Sesi Latihan MotoGP Barcelona, Pecco Tercepat, Martin kelima
Hasil FP1 MotoGP Catalunya. Penuh Kejutan, Taka Nakagami Jadi yang Tercepat
Hasil FP1 MotoGP Catalunya. Penuh Kejutan, Taka Nakagami Jadi yang Tercepat
Jorge Martin dan Pecco Bagnaia
Jorge Martin Siap Rayakan Gelar Juara Dunia MotoGP 2024 di Catalunya