Daftar Mobil Irit Bahan Bakar untuk Perjalanan Jauh

mobil irit

Toyota Avanza [Foto: Special]

OtoTekno.id - Mobil irit bahan bakar adalah kendaraan berbahan bakar bensin atau Internal Combustion Engine (ICE) sedikit demi sedikit mulai coba digeser oleh kendaraan ramah lingkungan seperti mobil listrik. Namun, mobil berbahan bakar bensin masih menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

Salah satu pertimbangan konsumen dalam membeli mobil adalah irit atau tidaknya bahan bakar. Beberapa pabrikan mobil berbahan bakar bensin mulai memikirkan cara agar kendaraanya lebih ramah bensin.

Meski tidak pasti, namun mobil irit dengan kapasitas mesin cc lebih kecil memiliki kecenderungan lebih irit. Berikut adalah daftar mobil irit bahan bakar yang cocok untuk perjalanan jauh:

Daftar mobil irit bahan bakar

1. Toyota Calya/Daihatsu Sigra

mobil irit
Calya [Foto:Special]

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra merupakan mobil LCGC 7-seater yang irit bahan bakar. Mobil ini dibekali mesin 1.2 liter 4-silinder yang dapat menempuh jarak hingga 15-20 kilometer per liter.

Cayla dan Sigra dibekali teknologi mesin Dual VVT-i. Teknologi ini memungkinkan mesin untuk menyesuaikan timing katup masuk dan buang secara optimal, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar. Desain Calya dan Sigra yang aerodinamis juga berkontribusi pada konsumsi bahan bakar yang irit. Desain aerodinamis ini membantu mengurangi hambatan udara, sehingga mengurangi konsumsi bahan bakar.

Itulah daftar mobil irit bahan bakar yang cocok untuk perjalanan jauh. Mobil-mobil tersebut memiliki konsumsi bahan bakar yang efisien sehingga dapat menghemat biaya perjalanan.

2. Daihatsu Ayla/Toyota Agya

Daihatsu Ayla dan Toyota Agya merupakan mobil LCGC yang identik dengan mobil irit. Mobil ini dibekali mesin 1.0 liter 3-silinder yang dapat menempuh jarak hingga 20 kilometer per liter.

Kapasitas mesin yang kecil membuat Ayla dan Agya memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan mobil dengan kapasitas mesin yang lebih besar. Bobot yang ringan ini membuat Ayla dan Agya lebih mudah diakselerasi dan membutuhkan lebih sedikit tenaga untuk melaju.

Ayla dan Agya dibekali teknologi mesin Dual VVT-i. Teknologi ini memungkinkan mesin untuk menyesuaikan timing katup masuk dan buang secara optimal, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar. Desain Ayla dan Agya yang aerodinamis juga berkontribusi pada konsumsi bahan bakar yang irit. Desain aerodinamis ini membantu mengurangi hambatan udara, sehingga mengurangi konsumsi bahan bakar.

3. Toyota Avanza

mobil irit
Toyota Avanza [Foto: Special]

Toyota Avanza merupakan mobil sejuta umat yang juga populer di Indonesia. Mobil ini dibekali mesin 1.5 liter 4-silinder yang dapat menempuh jarak hingga 12-14 kilometer per liter.

Avanza dibekali teknologi mesin Dual VVT-i. Teknologi ini memungkinkan mesin untuk menyesuaikan timing katup masuk dan buang secara optimal, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar. Selain itu, Avanza juga dilengkapi dengan teknologi Eco Idle, yang dapat mematikan mesin secara otomatis saat mobil berhenti selama beberapa detik.

Desain Avanza yang aerodinamis juga berkontribusi pada konsumsi bahan bakar yang irit. Desain aerodinamis ini membantu mengurangi hambatan udara, sehingga mengurangi konsumsi bahan bakar.

Berdasarkan hasil uji konsumsi bahan bakar yang dilakukan oleh PT Toyota-Astra Motor, Avanza tipe 1.5 G M/T mampu menempuh jarak 12,5 kilometer per liter di rute dalam kota dan 16,2 kilometer per liter di rute luar kota.

4. Sizuki Ignis

Suzuki Ignis merupakan mobil city car yang irit bahan bakar. Mobil ini dibekali mesin 1.2 liter 4-silinder yang dapat menempuh jarak hingga 23 kilometer per liter. Ignis dibekali teknologi mesin Dual VVT-i. Teknologi ini memungkinkan mesin untuk menyesuaikan timing katup masuk dan buang secara optimal, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Desain Ignis yang aerodinamis juga berkontribusi pada konsumsi bahan bakar yang irit. Desain aerodinamis ini membantu mengurangi hambatan udara, sehingga mengurangi konsumsi bahan bakar.

Selain itu, Suzuki Ignis juga dilengkapi dengan beberapa fitur yang dapat membantu meningkatkan konsumsi bahan bakar. Antara lain, Fitur Eco Assist dapat membantu pengemudi berkendara secara efisien dengan memberikan informasi tentang gaya berkendara. Fitur Start-Stop System dapat mematikan mesin secara otomatis saat mobil berhenti selama beberapa detik.

5. Mitsubishi Xpander

mobil irit
Mitsubishi Expander [Foto:Special]

Mitsubishi Xpander merupakan mobil Low MPV yang populer di Indonesia. Mobil ini dibekali mesin 1.499 cc 4-silinder yang dapat menempuh jarak hingga 12 kilometer per liter.

Kapasitas mesin yang kecil membuat Expander memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan mobil dengan kapasitas mesin yang lebih besar. Bobot yang ringan ini membuat Expander lebih mudah diakselerasi dan membutuhkan lebih sedikit tenaga untuk melaju.

Expander dibekali teknologi mesin Dual VVT-i. Teknologi ini memungkinkan mesin untuk menyesuaikan timing katup masuk dan buang secara optimal, sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar. Selain itu, Expander juga dilengkapi dengan teknologi Eco Idle, yang dapat mematikan mesin secara otomatis saat mobil berhenti selama beberapa detik.

Desain Expander yang aerodinamis juga berkontribusi pada konsumsi bahan bakar sehingga membuat mobil irit bahan bakar . Desain aerodinamis ini membantu mengurangi hambatan udara, sehingga mengurangi konsumsi bahan bakar.

6. Daihatsu Rocky 1.2

mobil irit
Daihatsu Rocky 1.2 [Foto: Special]

Daihatsu Rocky 1.2 merupakan mobil SUV kompak yang diklaim paling irit di kelasnya. Mobil ini dibekali mesin 1.2 liter 3-silinder yang dapat menempuh jarak hingga 18-19 kilometer per liter.

Rocky 1.2 menggunakan mesin 3-silinder 1.200 cc dengan kode WA-VE. Mesin ini memiliki rasio kompresi yang cukup tinggi, yaitu 12,8:1. Rasio kompresi yang tinggi akan membuat mesin lebih efisien dalam membakar bahan bakar. Rocky 1.2 menggunakan transmisi CVT. Transmisi CVT memiliki perpindahan gigi yang halus dan mulus, sehingga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Rocky 1.2 dilengkapi dengan sistem Start-Stop Engine. Sistem ini akan mematikan mesin secara otomatis saat mobil berhenti, dan menghidupkan mesin kembali saat mobil akan bergerak. Sistem ini dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar, terutama saat mobil berhenti di lampu merah atau macet.

Selain faktor-faktor di atas, konsumsi bahan bakar Daihatsu Rocky 1.2 juga dipengaruhi oleh cara mengemudi. Berikut adalah beberapa tips untuk menghemat bahan bakar saat mengemudi Rocky 1.2

7. Datsun GO+ Panca

Datsun GO+ Panca, dengan mesin 1.200 cc 3-silinder transmisi manual, mencapai konsumsi luar biasa sebesar 23 Km/l. Meskipun sudah tidak diproduksi, mobil irit ini tetap menjadi pilihan menarik di pasar kendaraan bekas.

Baca juga: Rekomendasi Game Horor Multiplayer Terbaik untuk Menemani Malam Anda

Penutup

Melalui perkembangan ini, konsumen memiliki lebih banyak opsi mobil irit bahan bakar, memberikan kebebasan dalam memilih mobil irit untuk perjalanan jauh. Inovasi ini sejalan dengan semangat peningkatan efisiensi bahan bakar dan keberlanjutan lingkungan dalam dunia otomotif.Ototekno.id.

Baca Juga

Jaringan 5G
Dispensing: Kunci Menuju Jaringan 5G yang Lebih Cepat dan Andal
OBB
7 Langkah Rahasia Akses Folder /Android/data & /Android/obb Tanpa Memerlukan Akses Root pada Ponsel Anda
Suspensi Motor
Rahasia Suspensi Motor Terungkap: 5 Tips Penting untuk Memperpanjang Umur Suspensi Motor Anda
Honda SC e
Gaya Terbaik: 2024 Honda SC e, Motor Listrik Klasik dengan Kinerja Optimal
Ponsel
Mengapa Anda Perlu Segera Ganti Ponsel Anda: 10 Tanda Saatnya Melakukan Upgrade
Pria Reinkarnasi
Temukan Pria Reinkarnasi di Palworld: Menjelajahi Misteri Dunia Isekai