8 Tips Perawatan ini Dapat Mencegah Kerusakan Pada Mobil

Ototekno.id - Ini 9 tips sgar mobil tidak terbakar saat parkir, sangat penting untuk diwaspadai oleh pengendara saat memarkirkan mobilnya.

Ilustrasi Mobil Terbakar (Pixabay)

OtoTekno.id - Menjaga kondisi mobil agar tetap berada pada peforma yang baik tentunya adalah hal yang diinginkan bagi setiap pengendara, namun tahu kah kamu bahwa masih banyak dari pengguna mobil yang belum terlalu mengerti apa saja yang harus diperhatikan bagi kendaraan agar kendaraan tetap dapat digunakan secara aman dan nyaman. Hal ini memerlukan biaya, tetapi jika membayar sedikit di sana-sini untuk mencegah perbaikan besar tentunya benar-benar sepadan dengan apa yang telah dikeluarkan demi kenyamanan yang didapatkan.

Berikut adalah 12 tips perawatan mobil yang dilakukan agar dapat menunda atau bahkan mencegah keharusan membayar perbaikan yang lebih besar bagi mobil Anda.

1. Ganti oli

Oli adalah instrumen penting bagi kendaraan anda, dengan mengganti oli secara rutin tentunya akan membuat mesin kendaraan menjadi lebih awet sehingga dapat meningkatkan peforma berkendara Anda. Namun, bagi pengguna kendaraan masih banyak yang lalai dalam memperhatikan oli mesin ini. Sehingga, yang seharusnya mereka hanya mengganti oli mesin saja, tetapi dikarenakan tidak rutinnya penggantian oli mesin, membuat mesin menjadi cepat aus sehingga kamu harus mengengeluarkan biaya lebih untuk melakukan pembongkaran mesin.

2. Periksa ban serep.

Menjaga ban serep tetap terisi angin sama pentingnya dengan menjaga ke empat ban lainnya yang sedang terpasang di mobil Anda. Kejadian ban kempes adalah sesuatu yang tidak pernah bisa kita duga-duga, dengan menjaga ban serep tetap dalam keadaan siap pakai. kamu akan terhindar dari pengeluaran lebih jika kamu tidak menemukan ban pengganti disaat ban utama mengalami kebocoran.

3. Ganti bantalan rem

Jika Anda sudah mendengar suara yang tidak nyaman pada saat menginjak rem mobil Anda, kemungkinan besar adalah bantalan rem Anda berada di kaki terakhirnya. Satu set baru tentunya bukanlah harga yang mahal bila dibandingkan dampak buruk yang akan kamu terima jika tidak merasakan rem lagi saat melaju dengan kencang. jadi jangan lupa untuk selalu mengecek keadaan bantalan rem mobil Anda agar perjalanan anda tatap aman.

4. Jaga kesehatan batrai

Korosi (yang terlihat seperti bubuk putih atau kebiruan) dapat terbentuk pada terminal batrai Anda. Jika Anda tidak menjaga kebersihannya, batrai yang Anda gunakan dapat retak atau tidak berfungsi dengan baik, tentunya hal ini dapat membuat anda terlantar atau bahkan harus memanggil mobil derek untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel terdekat. Dari pada hal buruk itu dapat menimpa Anda, membeli sikat kawat untuk membersihkan terminal agar tetap bersih adalah solusi yang lebih baik.

5. Periksa wiper kaca dengan rutin

Dengan memeriksa wiper kaca secara rutin kamu dapat mencegak terjadinya goresan yang akan terjadi pada kaca mobil Anda. Pasalnya wiper mobil kerap sekali tidak berfungsi sebagai mana mestinya atau bahkan pelapukan pada wiper mobil tersebut membuat wiper mobil hanya tersisa gagangnya saja, sehingga hal ini dapat menimbulkan goresan pada kaca mobil Anda. Apabila kaca mobil mengalami kepudaran akibat wiper yang sudah tidak layak, tentu akan sangat berbahaya bagi perjalan Anda.

6. Ganti filter udara

Filter udara mobil Anda berfungsi mencegah polutan yang masuk melalui ventilasi. Filter udara memiliki tugas yang cukup penting, jadi Anda harus menjaganya dengan baik. terlebih lagi jika kamu tetap menggunakan filter udara yang telah lama dipakai melewati masanya akan berdampak besar bagi sistem pendingin udara Anda. lebih baik kamu memeriksa filter udara pada mobil anda atetap dalam kondisi layak pakai agar Anda terhindar dari penggantian unit AC yang tentunya harus merogoh kocek lebih dalam dari pada menganti filter udara.

7. Periksa shock, spring, dan struts (sistem suspensi)

Banyak pengendara yang tidak terlalu memperhatikan keadaan suspensi yang ada di mobil, sebagian dari pengguna bahkan tidak terlalu memikirkannya, tapi percayalah dengan tetap membawa kendaraan anda dengan keadaan suspensi yang tidak prima, akan berdampak sangat buruk bagi pengalaman berkendara Anda. atau bahkan dapat mengarah kepada insiden yang tidak diinginkan.

8. Periksa busi Anda

Busi mungkin adalah salah satu komponen dari mobil yang tidak asing bagi kita, namun bila kamu tidak memperhatikan busi kamu secara berkala, mungkin busi tersebut yang akan membuat mobil kamu terhenti di tempat yang asing. jadi jangan lupa selalu periksa kondisi busi mobil kamu, ya. [dm]

Tag:

Baca Juga

Modifikasi
3 Tips dan Rahasia Modifikasi Motor Agar Garansi Tetap Aman
Klakson Mobil
Klakson Mobil Mati Mendadak? Jangan Panik, Ini Solusinya!
Bahan Bakar
Hindari Penggunaan Bahan Bakar yang Salah! Berikut 4 Tips Memilih BBM Dengan Benar
Google Docs
10 Langkah Mudah Memanfaatkan Google Docs untuk Produktivitas Maksimal
Facebook Pro
Facebook Pro: Tips Cara Meraih Cuan dengan Strategi Jitu
Google Pixel
Solusi Efektif untuk Masalah Face Unlock Google Pixel 8 dan 8 Pro